Senin, 30 September 2013

Teknologi Masa Depan: Kuku Ajaib

Hmm. Kayaknya namanya keren. Atau malah jadul? Semacam pensil ajaib dari India? Yang setiap kita gambar apapun jadi kenyataan? Bukan, bukan seperti itu. Itu terlalu fiktif. Sedangkan tulisan yang saya buat untuk tugas Makul TI ini harus ilmiah dan logis.



Apa itu Kuku Ajaib?

Kuku Ajaib sebenarnya adalah chip yang berbentuk kuku. Dipasang di kuku. Chip yang sangat canggih dibenamkan dalam kuku tadi. Kurang lebih seperti itu. Sebelum menjelaskan bagaimana cara kerjanya, kita bahas kegunaannya dulu.

Apa Kegunaan Kuku Ajaib?



Kuku Ajaib bisa kita gunakan untuk mengetik tanpa keyboard. Ya. Bener. Ide ini terinspirasi dari filmnya Jim Carrey yang berjudul Bruce Almighty. Dalam film itu dia mengetik tanpa keyboard. Lihat cuplikan filmnya di bawah ini.


Keren kan? Itu baru kegunaan pertama. Kegunaan kedua yaitu bisa main piano tanpa keyboard piano. Ini terinspirasi dari aksi manggungnya Rowan Atkinson atau lebih dikenal sebagai Mr. Bean. Gimana aksinya? Tonton videonya di bawah ini.


Selain itu masih banyak lagi kegunaan dari Kuku Ajaib ini. Bisa untuk menelpon, mendengarkan radio, melakukan voice search, dll. Kuku yang terpasang di jari kelingking bisa dipakai sebagi microphone. Dan kuku yang dipasang di jempol bisa digunakan sebagai speaker. Paham kan? Lalu cara kerjanya gimana?

Bagaimana Cara Kerja Kuku Ajaib?



Mudah saja. Kuku Ajaib adalah chip berbentuk kuku. Chip ini memiliki kemampuan untuk terhubung dengan alat-alat lain. Chip ini juga bisa tersambung dengan internet. Pernah main Nintendo Wii? Kurang lebih seperti joy stick yang digunakan di Nintento Wii. Chip ini juga memiliki sensor. Semua gerakan kita akan mudah dihubungkan dengan alat lain. Misalnya seperti ulah si Bruce dalam cuplikan film Bruce Almighty. Gerakan mengetik akan dihubungkan dengan komputer. Bisa melalui bluetooth, internet, atau lainnya. Sehingga kita bisa mengetik tanpa keyboard.

Lalu untuk aksinya si Mr. Bean juga mudah cara kerjanya. Bisa dihubungkan dengan speaker active atau menggunakan speaker yang tertempel di jempol. Semua gerakan akan menimbulkan bunyi tertentu. Semuanya bisa di set dengan voice atau kita hubungkan dulu dengan komputer atau bisa juga smartphone kita. Hal ini tidak terbatas piano, bisa juga buat main gitar, main biola, dll.

Untuk menelpon dan juga fungsi lainnya sebenarnya mirip smartphone. Hanya saja kita benamkan dalam Kuku Ajaib ini. Bayangkan saja kemampuan-kemampuan Samsung Galaxy S4 terbenam dalam kuku ini. Dapet kan penjelasannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar